Digital Marketing With StandOut Digital

Mengenal Konsep SEO Friendly

October 1, 2021
Oleh: 
Standout Team

Situs atau website, dapat Anda jadikan media pemasaran utama untuk bisnis Anda. Anda dapat menaikkan visibilitas online dan menjangkau target market sesuai dengan intensi pengguna internet. Membangun online presence dan brand juga merupakan manfaat dari membangun aset digital ini. Biaya dalam praktiknya pun cukup variatif, dari yang menghabiskan ratusan juta, hingga tanpa biaya alias gratis. Tentunya jika Anda bisa praktikkan sendiri.

Situs yang baik tidak hanya bagus secara konten, namun juga harus memiliki interface yang baik dan terlacak mesin pencari. Dengan begitu, Anda diharuskan untuk membuat situs yang memiliki standar SEO friendly. Singkatnya, SEO friendly adalah kategori pada sebuah situs yang teroptimasi dengan baik untuk dapat di-akses oleh user maupun bot mesin pencari.

Kali ini, Standout Digital akan mengenalkan secara lengkap mengenai konsep SEO friendly!

Mindset Utama dalam Website SEO Friendly

1. Long-term Results

Membuat fondasi SEO yang kuat untuk membangun long-term result, dan mengutamakan pencarian organik sebagai sumber utama traffic yang didukung oleh iklan dan media lain seperti social media.

2. Google-Friendly dan Human-Friendly

Konten Anda harus memenuhi kriteria technical SEO dan juga intensi audiens Anda. Jika struktur SEO Anda tidak didukung relevansi topik dan isinya, performa konten Anda tidak akan menjadi maksimal. Begitu juga untuk sebaliknya.

woman happily reading blog on cafe
Source: Freepik

3. Konten yang Menjawab Masalah

Membuat konten yang menjawab pertanyaan audiens Anda, dan menjawab pertanyaan yang dimiliki oleh audiens baru ataupun calon klien Anda dari konten yang dibuat.

Untuk memenuhi ketiga kriteria tersebut, Anda harus membuat konten yang berbasis SEO.

Apa itu Konten Berbasis SEO?

Konten berbasis SEO berarti penulisan konten yang berfokus untuk memberikan informasi yang relevan di mesin pencari dan juga menjawab permasalahan audiens. Jadi tidak hanya optimasi konten untuk pembcara, konten SEO juga mengharuskan untuk optimasi keyword agar dimengerti mesin pencari Google. Dengan membuat konten yang teroptimasi untuk pengguna, mesin pencari dapat menampilkan artikel Anda kepada audiens yang relevan di halaman teratas.

Menerapkan strategi SEO dalam penulisan konten Anda akan menghasilkan traffic dan menggaet calon pelanggan, serta menjaga loyalitas pelanggan tetap agar terus masuk ke dalam konten Anda.

Bagaimana Cara Menilai Konten yang SEO Friendly?

1. Situs dapat Di-Crawl oleh Google

Pastikan struktur situs Anda tersusun dengan baik untuk memudahkan bot crawler mengakses seluruh halaman situs Anda. Struktur link yang terorganisir dengan baik juga memudahkan bot crawler untuk mengindeks konten Anda di mesin pencari.

2. Seluruh Konten Sudah Terindeks

Konten harus terorganisir, baik secara SEO friendly maupun human-friendly. Konten dalam situs web seharusnya dapat terorganisasi dengan baik dan dapat diakses dengan mudah oleh audiens Anda. Tidak hanya baik untuk SEO, namun juga turut membantu pengunjung situs menemukan konten yang saling berkaitan dengan mudah. Dan juga konten yang terorganisir membantu meningkatkan durasi kunjungan user ke situs Anda.

3. Relevansi Konten dan Keyword

Berkaitan langsung dengan konteks yang Anda sajikan dan kesesuaian topik. Artikel yang Anda sediakan harus sesuai dengan kata kunci yang dicari oleh user.

4. Memperhatikan Komponen Teknis SEO

Artikel yang masuk dalam mesin pencari tidak hanya dinilai melalui penulisan dan relevansi saja, tapi juga ada komponen teknis SEO yang perlu diperhatikan, seperti:

  • Meta Title: harus unik, tidak lebih dari 60 karakter dan memotivasi user untuk klik artikel Anda.
  • Meta-Description: beri konteks mengenai artikel Anda dengan gambaran yang menarik dan simple, diisi dengan keyword utama, satu sampai dua kalimat (tidak lebih dari 160 karakter), dan beri Call-To-Action.
  • URL atau Permalink: URL sesuai dengan judul yang ditulis, dan dipisah dengan tanda "-" per kata.
  • Heading dan Subheading: H1 harus mengandung keyword utama. Gunakan bentuk pertanyaan pada heading utama. Anda juga bisa kreasikan dengan bentuk daftar angka. Sedangkan untuk H2, H3 dan seterusnya, usahakan berbentuk jawaban pada subheading, dan menjabarkan satu ide dengan penggunaan paragraf yang tidak terlalu banyak. Biasanya hanya berisi satu atau dua paragraf.
  • Alt Image: alternative text untuk menjelaskan gambar yang dimasukkan pada artikel. Gunanya agar bot crawler memahami maksud/tujuan gambar yang kita masukkan.

Bagaimana Cara Membuat Topik yang Relevan

Lakukan riset keyword. Membuat penulisan yang berbasis SEO harus memiliki fokus untuk memberikan informasi kepada permasalahan audiens dan membuat mesin pencari mengenali konten Anda agar masuk ke dalam ranking.

searching information on search engine
Source: Freepik

Bagaimana Caranya Melakukan Riset Keyword yang Baik?

1. Mulai dengan Mencari Keyword Utama

Gunakan satu keyword utama untuk satu artikel yang Anda akan buat, dan gali informasi maupun relevansi yang lebih dalam mengenai keyword tersebut.

2. Mencari Keyword Pendukung

Keyword pendukung Anda harus berhubungan dengan keyword utama. Jangan sampai keyword pendukung Anda menggantikan keyword utama dalam artikel yang Anda buat.

3. Lakukan Riset Topik

Tentukan topik konten yang Anda ingin buat dengan mendefenisikan siapa audiens Anda. Anda perlu mencari topik yang bermakna untuk market.

4. Mengukur Intensi Pencarian

Anda bisa melakukan ini dengan melacak situs di posisi 10 besar yang membuat artikel dengan keyword yang Anda incar. Analisa struktur dan formatnya, lalu juga lihat kata-kata yang paling sering digunakan, baik di judul maupun headlines. Dan jangan lupa untuk menganalisa SERP features yang muncul dalam pencarian keyword utama, seperti featured snippet atau PAA misalnya.

Nah, Anda pasti sudah memiliki gambaran mengenai konsep SEO friendly. Ketika Anda memutuskan untuk mempraktikkan SEO sendiri ataupun dengan bantuan praktisi lain, pastikan elemen-elemen SEO friendly di dalam situs Anda teroptimasi dengan baik. Tidak hanya itu, lakukan pengecekan dengan waktu yang Anda tentukan untuk menghindari error maupun faktor lain yang mempengaruhi posisi Anda dalam mesin pencari.

Let's Keep Standout & Grow Together!

Tags: 

Dapatkan Akses Semrush Uji  Coba - 14 Hari(Trial)

*) Informasi Anda 100% Aman, Tim Kami Akan Melakukan Validasi Untuk Pengiriman Akses Trial
© 2021 StandoutDigital. Semua produk dan nama perusahaan adalah merek dagang ™ atau merek dagang terdaftar® dari pemegang masing-masing produk.
Kebijakan Privasi Situs

Standout Digital

Jl. Lkr. Luar Barat No.1, RT.8/RW.6, Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11750
Indonesia
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram