Situs atau website, dapat Anda jadikan media pemasaran utama untuk bisnis Anda. Anda dapat menaikkan visibilitas online dan menjangkau target market sesuai dengan intensi pengguna internet. Membangun online presence dan brand juga merupakan manfaat dari membangun aset digital ini. Biaya dalam praktiknya pun cukup variatif, dari yang menghabiskan ratusan juta, hingga tanpa biaya alias gratis. Tentunya jika Anda bisa praktikkan sendiri.
Situs yang baik tidak hanya bagus secara konten, namun juga harus memiliki interface yang baik dan terlacak mesin pencari. Dengan begitu, Anda diharuskan untuk membuat situs yang memiliki standar SEO friendly. Singkatnya, SEO friendly adalah kategori pada sebuah situs yang teroptimasi dengan baik untuk dapat di-akses oleh user maupun bot mesin pencari.
Kali ini, Standout Digital akan mengenalkan secara lengkap mengenai konsep SEO friendly!
Membuat fondasi SEO yang kuat untuk membangun long-term result, dan mengutamakan pencarian organik sebagai sumber utama traffic yang didukung oleh iklan dan media lain seperti social media.
Konten Anda harus memenuhi kriteria technical SEO dan juga intensi audiens Anda. Jika struktur SEO Anda tidak didukung relevansi topik dan isinya, performa konten Anda tidak akan menjadi maksimal. Begitu juga untuk sebaliknya.
Membuat konten yang menjawab pertanyaan audiens Anda, dan menjawab pertanyaan yang dimiliki oleh audiens baru ataupun calon klien Anda dari konten yang dibuat.
Untuk memenuhi ketiga kriteria tersebut, Anda harus membuat konten yang berbasis SEO.
Konten berbasis SEO berarti penulisan konten yang berfokus untuk memberikan informasi yang relevan di mesin pencari dan juga menjawab permasalahan audiens. Jadi tidak hanya optimasi konten untuk pembcara, konten SEO juga mengharuskan untuk optimasi keyword agar dimengerti mesin pencari Google. Dengan membuat konten yang teroptimasi untuk pengguna, mesin pencari dapat menampilkan artikel Anda kepada audiens yang relevan di halaman teratas.
Menerapkan strategi SEO dalam penulisan konten Anda akan menghasilkan traffic dan menggaet calon pelanggan, serta menjaga loyalitas pelanggan tetap agar terus masuk ke dalam konten Anda.
Pastikan struktur situs Anda tersusun dengan baik untuk memudahkan bot crawler mengakses seluruh halaman situs Anda. Struktur link yang terorganisir dengan baik juga memudahkan bot crawler untuk mengindeks konten Anda di mesin pencari.
Konten harus terorganisir, baik secara SEO friendly maupun human-friendly. Konten dalam situs web seharusnya dapat terorganisasi dengan baik dan dapat diakses dengan mudah oleh audiens Anda. Tidak hanya baik untuk SEO, namun juga turut membantu pengunjung situs menemukan konten yang saling berkaitan dengan mudah. Dan juga konten yang terorganisir membantu meningkatkan durasi kunjungan user ke situs Anda.
Berkaitan langsung dengan konteks yang Anda sajikan dan kesesuaian topik. Artikel yang Anda sediakan harus sesuai dengan kata kunci yang dicari oleh user.
Artikel yang masuk dalam mesin pencari tidak hanya dinilai melalui penulisan dan relevansi saja, tapi juga ada komponen teknis SEO yang perlu diperhatikan, seperti:
Lakukan riset keyword. Membuat penulisan yang berbasis SEO harus memiliki fokus untuk memberikan informasi kepada permasalahan audiens dan membuat mesin pencari mengenali konten Anda agar masuk ke dalam ranking.
Gunakan satu keyword utama untuk satu artikel yang Anda akan buat, dan gali informasi maupun relevansi yang lebih dalam mengenai keyword tersebut.
Keyword pendukung Anda harus berhubungan dengan keyword utama. Jangan sampai keyword pendukung Anda menggantikan keyword utama dalam artikel yang Anda buat.
Tentukan topik konten yang Anda ingin buat dengan mendefenisikan siapa audiens Anda. Anda perlu mencari topik yang bermakna untuk market.
Anda bisa melakukan ini dengan melacak situs di posisi 10 besar yang membuat artikel dengan keyword yang Anda incar. Analisa struktur dan formatnya, lalu juga lihat kata-kata yang paling sering digunakan, baik di judul maupun headlines. Dan jangan lupa untuk menganalisa SERP features yang muncul dalam pencarian keyword utama, seperti featured snippet atau PAA misalnya.
Nah, Anda pasti sudah memiliki gambaran mengenai konsep SEO friendly. Ketika Anda memutuskan untuk mempraktikkan SEO sendiri ataupun dengan bantuan praktisi lain, pastikan elemen-elemen SEO friendly di dalam situs Anda teroptimasi dengan baik. Tidak hanya itu, lakukan pengecekan dengan waktu yang Anda tentukan untuk menghindari error maupun faktor lain yang mempengaruhi posisi Anda dalam mesin pencari.
Let's Keep Standout & Grow Together!