Melakukan praktik SEO (search engine optimization) membutuhkan usaha lebih dan waktu yang banyak. Tentu saja, karena SEO itu sendiri merupakan aset utama situs yang bersifat jangka panjang. Pencarian organik akan mendatangkan pengunjung yang berpotensi menjadi klien Anda. Jadi, dapat disimpulkan bahwa usaha SEO menjadi fondasi strategi pemasaran digital, baik bisnis kecil maupun besar.
Pertanyaannya, apakah melakukan praktik SEO sendiri itu susah? Tentu tidak. Jika Anda mengikuti keenam tips ini, Anda akan mengerti cara kerja SEO dan bisa mengoptimalkan pencarian organik situs secara mandiri! Berikut kami rangkumkan enam cara optimasi dasar yang bisa Anda coba sendiri untuk memahami cara kerja SEO.
Sebelum Anda memulai, Anda harus mengenali seberapa besar hasil dari gerakan digital yang sudah dilakukan. Penting bagi Anda untuk menentukan garis start. Mulai dengan mengetahui online presence Anda sebelum bergerak ke cara implementasi SEO. Hubungkan website Anda ke Google Analytics untuk mengukur metrik pencarian organik secara berkala. Atau Anda bisa coba dengan Domain Overview dari Semrush. Anda dapat menemukan gambaran metrik online presence sebuah domain dengan cepat. Cukup dengan masukkan alamat domain ke dalam menu Domain Overview untuk mengecek data yang Anda butuhkan. Setelah mendapatkan data website Anda, jangan lupa untuk pantau domain kompetitor Anda untuk dijadikan tolak ukur.
(Lihat juga: Mengukur Nilai Kampanye SEO Anda)
Lakukan riset kata kunci dan search query yang ingin Anda incar. Gunakan kata atau frasa yang dapat membawa traffic ke halaman website Anda. Pastikan konten yang akan dibuat sesuai dengan keyword yang Anda incar.
Banyak alat bantu yang bisa digunakan untuk riset keyword. Anda bisa menggunakan Google Keyword Planner ataupun Google Trends. Alternatifnya, gunakan Keyword Research Tool dari Semrush untuk melihat kata kunci yang memiliki potensi besar terhadap domain Anda. Organic Research Tool juga bisa membantu untuk memantau kata kunci organik yang digunakan oleh pesaing Anda. Anda bisa ukur sesuai dengan volume pencarian, tingkat kesulitan, tren, dan lain-lain. Semakin banyak ide keyword yang Anda kumpulkan, semakin banyak juga kemungkinan Anda dapat menarik traffic dengan perbanyak konten yang berkualitas dan relevan.
Setelah melakukan riset kata kunci, saatnya Anda implementasikan ke dalam konten website! Buat konten artikel yang berkualitas dan teroptimasi SEO. Bingung bagaimana caranya membuat artikel? Gampang! Anda bisa coba sendiri dengan mengikuti tahap berikut:
Agar situs Anda lebih dipercaya oleh mesin pencari, Anda harus dukung dengan backlink. Backlink merupakan tautan dari situs lain menuju konten Anda. Kualitas backlink yang baik dapat meningkatkan Authority Score situs Anda. Jadi, Anda diharuskan untuk memilih backlink yang memiliki traffic yang baik dan authority score yang tinggi. Pastikan backlink yang Anda terima bukan yang termasuk ke dalam toxic backlink.
Gunakan Backlink Analytics dari Semrush untuk melakukan analisa referring domain, seperti anchor text dan IP distribution. Anda juga dapat mengidentifikasi backlink yang sesuai dengan niche! Jika Anda sudah memiliki beberapa backlink, Anda juga bisa mengecek kesehatan backlink melalui Backlink Audit.
Berbicara mengenai SEO, tidak hanya berhenti dari konten maupun backlink saja. Ada aspek lain yang penting untuk diperhatikan, yaitu technical SEO. Technical SEO merupakan pengoptimalan situs dari sisi teknis. Artinya, technical SEO berbicara soal performa situs, crawlability & indexing, hingga sampai ke pengalaman user, agar mesin pencari dapat menilai kualitas domain Anda secara menyeluruh. Jika Anda sudah memiliki konten, jangan pernah mengabaikan konten yang sudah Anda buat sebelumnya. Pastikan semua konten yang Anda sudah buat tidak memiliki masalah. Dan jika terdapat konten yang bermasalah, tentunya perlu diperbaiki secepat mungkin!
Dengan Semrush, Anda bisa mendeteksi lebih dari 120+ technical SEO hanya dalam hitungan menit! Coba sendiri dan pantau sisi teknis SEO situs dengan fitur Site Audit Tool untuk mengecek kesehatan situs Anda.
Gerakan digital tidak berhenti hanya disitu saja! Mesin pencari selalu melakukan update dalam algoritma dan faktor yang mempengaruhi ranking di SERP. Pantau berita terbaru mengenai digital marketing di situs blog yang Anda percayai, atau Anda bisa mulai dengan mengunjungi Google Search Central Blog.
Jangan khawatir! Langkah awal ini dapat Anda lakukan sendiri tanpa bantuan praktisi SEO. Cukup ikuti panduan berikut untuk memulai perjalanan digital Anda. Dengan tips ini, kami yakin setidaknya Anda sudah berada di jalur yang tepat dalam melakukan cara SEO website. Manfaatkan informasi dan alat pendukung lain untuk mengoptimalkan pencarian organik situs Anda.
Dapatkan akses gratis Semrush untuk kemudahan optimasi SEO di halaman ini!
Let's Keep Standout & Grow Together!