Sejalan dengan formula harga dan fitur semrush baru, mungkin ada baiknya saat ini kita membahas tentang update apa saja yang telah dilakukan selama 1-2 bulan terakhir.
Mari kita mulai..
Tampilan Share of Voice di Position Tracking
Share of Voice adalah fitur dari pengguna langganan Business dari Semrush yang berfungsi untuk menghitung daftar kata kunci dalam top 100 google dibandingkan dengan traffic yang dihasilkan.
Mengapa ini penting ?
Karena ini adalah Performa SEO sesungguhnya. Bukan hanya sekedar ranking dan traffic saja, namun juga melainkan kombinasi keseluruhannya.
Contoh sederhana:
Perusahaan A dan B sama-sama melakukan 3 kata kunci yang sama. Perusahaan A hanya masuk top 10 dengan 1 kata kunci ber volume 10.000 pencarian, perusahaan B masuk top 10 dengan 2 kata kunci sisanya namun totalnya hanya bervolume pencarian 5000.
Secara Visibilitas (Awareness), Perusahaan B lebih unggul...
Secara Performa Ranking Top 10, Perusahaan B lebih unggul...
Namun secara Share of Voice (SOV), Perusahaan A lebih unggul !
Hal ini lah pentingnya pengukuran(metriks) SOV untuk proyek anda di Semrush!
Growth Report di Domain Overview
Growth Report adalah laporan Semrush yang membandingkan performa organik dari suatu domain dalam periode waktu tertentu.
Wawasan ini sangat membantu untuk melakukan analisa performa dari kampanye SEO anda
Compare by Country - Laporan Domain Overview
Anda mentargetkan beberapa negara sekaligus. Maka laporan ini untuk anda!
Melalui laporan ini, anda bisa membandingkan performa Keyword dan Traffic hinggal total 5 negara.
Project Sharing Semrush
Ini adalah kabar baik bagi seluruh pengguna Semrush, karena per 4 Januari 2021, seluruh pelanggan Semrush (Pro, Guru, Business) bisa memberikan akses kepada team member atau client secara "Read Only".
Anda cukup membuat 1 akun Semrush tanpa berlangganan, kemudian anda bisa membuka menu project, untuk memilih opsi "Share Your Project" dikanan atas untuk memberikan akses project ke rekan atau client anda.
Semrush-Zapier
Untuk anda yang ingin menghubungkan Semrush dengan layanan pihak ketiga, mungkin ini jadi jawabnya! Akhir tahun lalu, Semrush merelease fitur integrasi dengan pihak ke-3 melalui Zapier.
Buat anda yang belum pernah mengenal Zapier, ini adalah layanan integrasi pihak ke-3 yang menghubungkan banyak aplikasi misal dari Gmail ke Facebook Page, Google Spreadsheet ke MySQL, dan lain sebagainya (ada lebih dari 100 integrasi aplikasi). Nah, kali ini anda bisa menggunakan Semrush untuk melakukan integrasi.
Misal melakukan penugasan melalui gmail, melakukan site audit saat ada baris dalam Google spreadsheet yang ditambahkan... well, the sky is your limit!
Cara kerja integrasi menggunakan istilah trigger atau biasa saya sebut syarat memulai eksekusi.
Pada saat artikel ini dibuat, berikut trigger outgoing (keluar aplikasi pihak ke 3) dan incoming (dari aplikasi pihak ke-3) yang disupport oleh Semrush melalui Zapier
Outgoing Trigger
Incoming Trigger
Untuk incoming trigger, akan sangat efektif jika anda menggunkan ekstensi zapier pada browser anda, sehingga anda bisa melakukan laporan domain hingga site audit langsung pada browser anda dalam satu kali klik.
Silahkan subscribe channel standout digital untuk tutorial selanjutnya
Fitur ini di khususkhan untuk membuat iklan Google langsung dari dashboard Semrush, namun sejalan waktu, fitur ini jarang digunakan oleh pengguna Semrush, dan saat ini fitur ini pensiun untuk digantikan fitur yang lebih baik di kemudian hari.
CPC Map menggambarkan gambaran biaya CPC per Industri dalam negara tertentu. Karena masalah akurasi data yang dihasilkan, tools ini akan pensiun tanggal 25 Maret 2021. Namun karena saat ini Indonesia belum masuk dalam laporan ini. Mungkin ini fitur yang tidak akan dirindukan pengguna Semrush di Indonesia.
Sekian Update dari kami, semoga anda makin antusias meningkatkan bisnis anda bersama Semrush. Ingin trial? klik disini