Setiap praktisi digital maupun pemilik website pastinya menjadikan traffic sebagai tolak ukur dalam menentukan kualitas situs yang baik. Dengan menganalisa pengunjung situs, Anda dapat mengukur kinerja situs dan perbandingannya dengan kompetitor. Data traffic juga dapat membantu Anda untuk meningkatkan strategi digital marketing dan pembuatan konten yang menghasilkan prospek. Anda juga bisa memaksimalkan penggunaan data pengunjung situs sendiri dan juga kompetitor sebagai pengukur tren, media sumber traffic terbanyak, dan perbandingan pengunjung dengan tingkat konversi.
Dalam artikel ini, Standout Digital akan memberikan cara melihat traffic serta rekomendasi tools yang dapat digunakan sendiri!
Jika Anda mengetahui data traffic situs Anda secara spesifik, Anda dapat dengan mudah menyusun strategi sesuai dengan mayoritas jenis audiens yang masuk ke dalam website Anda. Ketahui jenis audiens yang diukur sesuai umur, gender, lokasi geografis, minat topik, dan lain-lain. Data tersebut dapat Anda gunakan untuk menyusun pengalaman pengguna dan konten yang sesuai dengan target market Anda dan juga memaksimalkan semua pengalaman jenis audiens dengan personalisasi.
Anda dapat melakukan riset pengunjung dengan Sitechecker tanpa harus mendaftar. Tidak hanya melacak traffic, sitechecker juga bisa Anda pakai untuk mengetahui kesehatan situs.
Untuk mengecek traffic, Anda bisa mengunjungi website berikut.
Anda akan menemukan data seperti:
Alexa Rank adalah alat riset pemasaran untuk mengecek pengunjung pada sebuah situs yang dikembangkan oleh Amazon. Alat ini dapat Anda gunakan secara gratis tanpa harus daftar.
Fitur dari Alexa Rank terdiri dari:
Similarweb dapat Anda gunakan untuk menganalisa posisi situs di mesin pencarian, baik untuk situs Anda dan juga kompetitor.
Data yang Anda dapat akses:
Serpstat adalah alat pelacakan SEO yang berkembang dari hanya analisa kata kunci sederhana. Sekarang, Anda bisa menggunakan Serpstat untuk analisa situs, riset kata kunci, analisa backlink, audit situs.
Analisa situs juga terdiri dari data komprehensif seperti:
Berawal dari backlink checker, Ahrefs merupakan salah satu alat riset SEO terkuat di dunia. Tidak hanya mengecek inbound link saja, tetapi juga bisa melakukan analisa SEO lainnya seperti mengaudit situs, melihat ranking keyword, referring page, dan lain-lain.
Ahrefs dapat melihat data seperti:
Anda bisa mencoba Trial selama 7 hari seharga $7 atau sekitar Rp 99.000.
Semrush adalah alat all-in-one untuk melakukan riset SEO, ads, riset kompetitor, content marketing dan media sosial. Didukung oleh database 20 milyar kata kunci, 43 triliun backlink, dan 800 juta profile domain dari desktop dan mobile, membuat Semrush menjadi salah satu alat riset digital marketing terkuat di dunia. Bisa dibilang, Anda dapat menganalisa keseluruhan digital marketing dalam satu platform dengan Semrush.
Anda dapat mengecek data yang berhubungan dengan traffic melalui fitur Traffic Analysis. Tidak hanya situs sendiri, Anda juga bisa membandingkan langsung dengan 4 kompetitor sekaligus dalam satu halaman.
Anda dapat melihat data lengkap yang mendukung analisa traffic, seperti:
Anda akan menemukan kemudahan dalam melakukan riset data digital. Dengan jumlah database yang banyak dibanding situs lain, Anda tidak akan pernah ketinggalan dengan kompetitor bisnis Anda. Daftarkan diri Anda untuk uji coba gratis!