"SEO itu lama, Ngiklan itu 30 menit dapat traffic !" , "Ngak sabar gw maen SEO, keburu dimakan kompetitor peluangnya", "SEO is Dead, ngapain optimasi organik kalau sama Google sendiri makin di anaktirikan?" mungkin ini adalah satu dari beberapa alasan di benak banyak pengusaha dan pemasar (termasuk anda) saat berbincang tentang SEO. Di Artikel ini, saya mencoba berbagi tentang seberapa penting bisnis memerlukan optmasi mesin pencari (SEO), mari kita mulai
Kita menilai aspek nilai sebuah kampanye SEO dalam 3 kategori yaitu:
Mari kita bahas satu persatu dan mungkin ada bisa berkaca sejauh mana anda melakukan valuasi terhadap strategi SEO anda.
Bicara soal keyword, terutama di Google Search, semua ada keyword ada nilainya, biasanya praktisi SEO melihatnya dari nilai yang diberikan oleh Google pada tools Keyword Planner (yang biasanya digunakan untuk beriklan di Google Ads). Beberapa kriteria penilaian yang biasa dilakukan:
Setiap Keyword Punya Nilai
Pemilihan keyword tentunya akan menjadi bahasan di artikel lain, namun disini saya ingin jelaskan 'mata uang' atau nilai dari kata kunci ini dibagi jadi 2 kategori besar, yaitu:
Kombinasi dari kedua alat ukur ini seharusnya bisa dijadikan pertimbangan saat anda memilih kata kunci pada kampanye SEO untuk bisnis anda, yang jelas disini adalah dasar dari tujuan sebuah keyword pada kampanye SEO ditetapkan apakah mengejar Ranking atau Traffic (Kunjungan).
Setiap Kata Kunci Menghasilkan Traffic, Berapa Biayanya jika Semua Dilakukan dengan Iklan? Itulah Traffic Value Situs Anda
Ini adalah pengukuran yang jarang dilakukan oleh praktisi SEO. Berapa Value dari Traffic SEO Anda ?
Konsep pengukurannya kira kira sebagai berikut:
Anda sekarang tinggal menghitung biaya CPC dikalikan estimasi traffic yang anda dapatkan dari seluruh keyword yang menghasilkan kunjungan ke situs anda. SEO Toolkit Professional seperti Semrush memberikan anda perhitungannya dalam dashboard mereka.
Mengapa ini dihitung ? ini adalah dimana hasil dari kunjungan SEO bisa dibandingkan nilainya JIKA semua ini dilakukan melalui Google Ads (Search)
Jika anda seorang praktisi SEO professional, ini bisa dijadikan argumen tentang berapa besar biaya yang dihemat oleh sebuah bisnis saat kunjungan dihasilkan melalui strategi SEO yang anda buat. Menarik bukan?
Dengan bantuan Google Analytics, Anda bisa melihat dampak pendapatan (moneter) pada situs Anda
Ini adalah Goal paling hakiki dari sebuah kampanye SEO untuk sebuah bisnis.. Dampak Moneter! ya donk, sudah melakukan banyak usaha, masa tidak melakukan pengukuran dampaknya secara keuangan.
Salah satu cara mengukurnya bisa menggunakan alat bantu Google Analytics. Yang paling sederhana adalah dengan menempatkan Goal Target untuk kemudian anda melihatnya padad laporan Default Channel Grouping dan jika anda memiliki eCommerce, anda bisa menggunakan pelacakan Enhanced ecommerce untuk melakukan pelacakan hingga level transaksi.
Dalam 15 tahun dalam bidang pemasaran online, saya bisa melihat sebuah kecenderungan besar dari klien yang menaruh perhatian khusus pada kampanye SEO mereka, rata2x mendapatkan hasil yang sangat positif dari pertumbuhan bisnis.
Bagaimana dengan bisnis anda? apakah sudah berpikir untuk berbisnis jangka panjang ? atau lebih berfokus pada perdagangan dan promosi jangka pendek. Dengan Tools SEO Professionals seperti Semrush, anda bisa melihat dan melacak bagaimana sebuah kampanye SEO yang baik seharusnya bekerja.
Semoga menginspirasi! Keep Standout!